Pengertian SSH Untuk Berinternet Gratis

Apa itu ssh ?

Pengertian SSH atau kepanjangan dari SSH adalah Secure Shell yan merupakan sebuah protokol jaringan yang memanfaatkan kriptografi untuk melakukan komunikasi data pada perangkat jaringan agar lebih aman. Dalam konsepnya penggunaan SSH ini harus didukung oleh server maupun perangkat atau komputer klien yang melakukan pertukaran data.Keduanya harus memiliki SSH Server dari sisi komputer server dan SSH Klien untuk komputer penerima (klien). Banyak digunakan pada sistem operasi berbasis Linux dan Unix untuk mengakses akun Shell, SSH dirancang sebagai pengganti Telnet dan shell remote tak aman lainnya, yang mengirim informasi, terutama kata sandi, dalam bentuk teks sederhana yang membuatnya mudah untuk dicegat. Enkripsi yang digunakan oleh SSH menyediakan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan yang tidak aman seperti internet gratis

image

Fungsi SSH ?

Setelah mengerti pengertian ssh sekarang fungsi SSH dapat digunakan untuk menggantikan telnet, rlogin, ftp dan rsh, salah satu fungsi utamanya adalah untuk menjamin keamanan dalam melakukan transmisi data pada suatu jaringan. SSH banyak dimanfaatkan oleh berbagai network admin dibeberapa belahan dunia untuk mengontrol web dan jenis jaringan lainnya seperti WAN. Fuungsi SSH ini sebenarnya adalah dibuat untuk menggantikan protokol sebelumnya yang dianggap sangat rentan terhadap pencurian data melalui
 malware berbahaya. Protokol tersebut antara lain adalah rlogin, telnet dan protokol rsh.

  • Mahalnya bayaran buat internet free di Indonesia membuat orang- orang susah mengakses internet. Yang gimana intenet sangat di butuhkan pada masa- masa ini. Buat social media( facebook, twitter, chat dll), blogging ataupun mencari data melalui internet. Namun dengan memakai account SSH( Secure Shell) kita dapat internet lebih murah apalagi geratis. Bila disbanding kan kita membeli paket informasi dari operator, memakai SSH( Secure shell) jauh lebih murah serta unlimited.
  • Internet SSH menggunakan bug/ celah/ lubang keamanan provider buat dijadikan internet free.
  • SSH itu ilegal.
  • Internet SSH memakai jaringan provider, sehingga kemudian lintas informasi padat.
  • Provider rugi.
  • Sesungguhnya SSH itu merupakan perlengkapan buat berbagi jaringan. Contoh: remote server.
  • SSH mengenakan bandwidth/ kuota server nya bukan operator.
  • SSH merupakan perlengkapan bantu buat internet free.
  • Guna SSH ini sesungguhnya merupakan terbuat buat mengambil alih protokol tadinya yang dikira sangat rentan terhadap pencurian informasi lewat malware beresiko. Protokol tersebut antara lain merupakan rlogin, TELNET serta protokol rsh.

Fungsi SSH untuk Internet Gratis

Bagaimana sih cara kerja atau alur logika sampai kita bisa internetan secara gratis dengan SSH ini? Mungkin itu pertanyaan yang muncul di benak kamu setelah membaca apa itu ssh dan apa saja manfaat menggunakan ssh.

Pada dasarnya trik ini bisa berjalan jika provider kita sudah mempunyai access internet dengan kata lain harus punya pulsa dulu. Tapi sehubungan dengan naiknya BBM maka orang-orang maunya gratisan, maka di ciptakanlah injek tools untuk membypass access sekaligus mengakali proxi asli provider melalui bug provider dan seolah request yg kita kirim adalah valid.selain account SSH dan injek kita membutuhkan 2 tools lagi yang membantu agar trik bisa berjalan, diantaranya: Bitvise dan Proxifier.

Manfaat Menggunakan SSH

Manfaat menggunakan akun SSH adalah meningkatkan keamanan data pada komputer ketika mengakses internet, karena dengan adanya Akun SSH sebagai perantara koneksi internet, SSH akan memberikan enskripsi pada semua data yang terbaca, baru mengirimkannya ke server lain.Selain dapat melakukan enskripsi data, SSH juga memiliki kemampuan melakukan Port Forwarding yang mana memungkinkan kita mendapatkan manfaat sebagai berikut ini:

  1. Melakukan koneksi aplikasi TCP (misalnya : webserver, mail server, FTP server) dengan lebih secure (aman).
  2. Melakukan koneksi dengan membypass (melewati) firewall atau proxy setempat.

Manfaat kedua diatas itulah yang sering dicari oleh para pengguna Internet dan memanfaatkannya untuk kepentingan akses internet. Dengan menggunakan Akun SSH Kita juga dapat mengelola VPS untuk dijadikan hosting ataupun fungsionalitas yang lain.

Menggunakan Akun SSH untuk tunneling koneksi internet memang tidak menjamin meningkatkan speed internet kita. Namun dengan menggunakan Akun SSH, otomatis IP yang kita gunakan akan bersifat statis dan dapat kita gunakan secara privat dengan catatan hanya kamu lah user dalam Akun SSH tersebut.

Uraian dari Tahapan- Tahapan Kerja SSH

Verifikasi Server

Dimulai dengan klien yang berupaya buat mengawali koneksi SSH dengan server. Server mencermati port Transmission Control Protocol( TCP) standar 22 buat mulai koneksi SSH. Pada titik ini, bukti diri server diverifikasi. Apabila, klien mengakses server buat awal kalinya, klien wajib melaksanakan autentikasi server secara manual dengan verifikasi public key server. Public key dari server bisa ditemui dengan memakai perintah ssh- keyscan. Sehabis key diverifikasi, server di add dalam file~/. ssh/ known _hosts pada mesin klien. File known_hosts ini berisi data menimpa server- server yang sudah diverifikasi oleh klien, semacam IP address, name server, serta key. Sedangkan, bila klien telah sempat mengakses server, bukti diri server dicocokan dengan data yang sudah direkam ataupun dicatat tadinya dalam file known_hosts.

Membentuk Session Key

Sehabis server diverifikasi, klien serta server melaksanakan perundingan session key memakai tipe algorithms Diffie- Hellman. Algoritma ini dirancang sedemikian rupa, sehingga kedua belah pihak silih berkontribusi satu sama lain dalam pembuatan session key. Session key yang dihasilkan merupakan kunci simetris bersama, ialah kunci yang sama buat enkripsi serta dekripsi.

Autentikasi Klien

Sesi terakhir merupakan autentikasi klien. Autentikasi dicoba dengan memakai 2 buah kunci kriptografi. Cocok dengan namanya, 2 buah kunci itu merupakan sejoli kunci buat melaksanakan 2 tujuan yang berbeda. Awal, public key yang digunakan buat mengenkripsi informasi serta bisa dishare secara leluasa. Kedua, private key yang digunakan buat mendekripsi( membuka) informasi serta informasi itu tidak diterbitkan.

Sehabis enkripsi simetris terbuat, klien mulai mengirimkan ID ke server buat pendamping kunci yang diautentikasi.

Server mengecek file otor_keys dari account yang dikirim klien buat berupaya masuk ke ID kunci.

Apabila, public key dengan ID( username& password) ditemui dalam file, kemudian server membuat no acak serta memakai public key buat mengenkripsi no itu dikala pengiriman pesan lewat tunnel. Apabila, klien memiliki private key yang benar serta legal, hingga klien hendak dapat mendekripsi pesan buat memandang no acak yang dikirim server. Setelah itu, klien mencampurkan no acak dengan session key bersama serta menghitung hash MD5 dari nilai ini. Berikutnya, klien mengirimkan hash MD5 kembali ke server bagaikan jawaban buat no dienkripsi.

Server memakai session key bersama yang sama serta no asli yang sudah dikirim ke klien buat mengkalkulasi nilai MD5 sendiri. Server menyamakan perhitungannya dengan perhitungan yang dikirim kembali oleh klien. Bila, kedua nilai sesuai, hingga perihal itu meyakinkan kalau klien memiliki private key yang legal serta klien merupakan klien yang asli( autentik) yang menemukan hak akses ke server.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai seluk-beluk SSH. Tentunya, sekarang kita sudah tahu bahwa SSH adalah protokol jaringan yang lebih aman dibandingkan dengan protokol-protokol lainnya. Karena, SSH menggunakan teknologi enkripsi data yang lebih modern dan canggih dalam proses transmisi data. Selain itu, SSH juga memiliki teknik yang memungkinkan penggunanya dapat login dan mengeksekusi perintah komputer lain dari jarak jauh melalui internet.

Selain memiliki teknologi yang canggih, SSH juga mempunyai fitur lain yang menarik. Cukup dengan memiliki akun SSH, kita bisa mendapatkan akses internet murah, bahkan gratis. Cara mendapatkan akses internetnya pun cukup mudah dan tidak rumit. Kita bisa mencobanya sendiri. Demikianlah, informasi yang disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Comment